Iklan
jump to navigation

Beberapa Istilah Di Sirkuit dan Artinya, Mari Menambah Pengetahuan Bro.. 22 September 2015

Posted by Cak Akim in motogp.
Tags: , , ,
trackback

image

Motohits – Dalam dunia motogp kadang kita mendengar istilah-istilah di sirkuit yang diucapkan para komentator saat race berlangsung atau juga saat rider diwawancarai. Biasanya istilah tersebut tidak semuanya mudah dipahami. Mungkin istilah umum seperti start, finish, paddock, pitstop atau lainnya kita paham, tapi diluar itu masih banyak istilah yang lain bro.. Nah pada postingan kali motohits akan share istilah-istilah dalam Sirkuit beserta artinya yang umum digunakan dalam dunia balap tak terkecuali motogp. Oke monggo..

White Line.
Garis putih. Dari ini terdapat di dalam perlintasan berdekatan dengan bibir lintasan. Fungsinya memberi guidance untuk menentukan racing line yang benar.

Curbstones.
Biasanya ada di tepian sekitar tikungan. Area curbstones ditandai dengan cat warna-warni yang mencolok mas bro, biasanya sih kombunasi dua warna. Nah area ini memiliki bentuk gundukan gerigi, hal ini difungsikan sebagai tepian akhir untuk mendorong kendaraan kembali ke dalam racing line jika sudah keluar dari area aspal.

R.
Merupakan istilah untuk semua tikungan. R sendiri berasal dari kata Radius. Nah makanya sering kita dengan istilah R1, R2, dst itulah maksudnya tikungan 1, tikungan 2, dst.

Straight.
Straight berarti lurus. Ini merupakan sebutan untuk track lurus.

Gravel.
Kalau mas bri sering lihat pembalap crash maka biasanya akan tertahan oleh pasir disekitaran lintasan. Nah itulah yang disebut gravel. Pasir yang berfungsi untuk menghentikan laju sepeda motor maupun rider saat terjadi crash.

Chicane.
Chicane merupakan sebutan untuk track berbentuk S. Disinilah biasanya skill rider di uji, sebab disini rider disuguhkan satu tikungan kekiri dan langsung banting stang kekanan.

Hairpin Corner.
Loh hairpin kan tusuk konde? Hehe iya mas bro.. Ini hanya istilah ya, maksudnya adalah tikungan dengan bentuk seperti konde. Tikungan ini biasanya memaksa pembalap untuk melakukan hard braking.

Chamber.
Lintasan miring. Biasanya terdapat di tikungan. Makanya disebut tikungan chamber. Nah fungsinya untuk mempermudah pembalap melewati tikungan tersebut meskipun dengan kecepatan tinggi.

Waiting Zone.
Tempat dimana para pembalap berkumpul sebelum menuju garis start setelah dipanggil petugas.

Scruttineering.
Tempat memeriksa motor setelah balapan berlangsung. Pemeriksaan sendiri dilakukan untuk mengetahui apakah motor yang digunakan balapan sesuai aturan teknis balap. Apabila melanggar, maka motor akan didiskualifikasi dan hasil yang dicapai dianggap hangus.

Jump Start Camera.
Letaknya di pinggir lintasan di sepanjang starting grid. Fungsi dari kamera ini adalah melihat pergerakan para rider saat start. Jadi kalau pembalap ada yang sudah start duluan sebelum lampu start padam maka akan terpantau disini.

Qualifying Time Trial
Arti dari istilah ini adalah pembalap diberikan waktu untuk memacu motornya mengitari sirkuit untuk mendapatkan waktu tercepat. Hal ini biasanya diamnfaatkan untuk mencari settingan yang pas sebelum akhirnya mampu menorehkan catatan waktu terbaik sebelum race.

Paddock Area.
Area dimana para pelaku balap berada. Dari pembalap, mekanik, manajer dan dll yang terlibat dengan sebuah tim balap. Nah disinilah strategi dan settingan motor dirancang.

Pit Area.
Merupakan lintanasan dimana ketika pembalap meninggalkan paddock untuk menuju lintasan balapan.

Pit Line.
Pit line merupakan tempat dimana para marshal pengibar bendera berdiri.

Parc Fermé
Area dimana digunakan sebagai tempat pembalap yang naik podium. Nah disini biasanya menjadi tempat wawancara media kepada pembalap.

Start
Tempat dimana pembalap berkumpul untuk memulai race. Biasanya disini terdapat grid-grid untuk posisi start rider.

Startting Grid
Starting grid berupa garis dengan angka yang menunjukkan posisi start rider.

Lampu Start
Lampu petunjuk dimulainya balapan. Biasanya berada didepan atas garis start.

Finish
Ditandai dengan garis yang memotong sirkuit. Selain garis biasanya disitu juga akan ada bendera putih dan hitam kotak-kotak yang dikibarkan.

Race Director Room.
Tempat pimpinan lomba berada. Di sinilah seluruh balapan dipantau mas bro. Mulai catatan waktu, urutan pembalap, hingga gambar yang terhubung dengan kamera jump start dan gerak-gerik pembalap.

Lap Board.
Papan petunjuk sisa lap. Misalnya di lap board terdapat tulisan 3, maka ini artinya pembalap harus mengitari 3 lap lagi sebelum akhirnya finish.

Podium.
Tempat penghormatan bagi pembalap yang menjadi juara. Nah disinilah para juara diberi tropi dan.

Tribun.
Yang ini mungkin nggak asing bagi bro sis. Yups, tribun merupakan tempat duduk dipinggiran sirkuit untuk para penonton.

Transfonder.
Merupakan alat yang diletakkan pada setiap motor rider yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal pada komputer yang ada di race director room ketika motor melewati garis finish. Di garis finish sendiri sudah dipasang receiver yang mencatat data yang dikirim transfonder. Data itu diterjemahkan dalam catatan waktu yang dihasilkan motor setiap melintasi garis finish.

Conference Press Room.
Nah disini biasanya rider mengeluarkan statemen terkair race yang telah dijalaninya. Selain itu di ruangan ini juga para wartawan dapat mewawancarai rider.

Yups, itulah beberapa istilah beserta artinya dalam sirkuit yang biasa digunakan para pelaku balap. Nah sekarang jangan bingung lagi kalau denger komentator mengatakan istilah-istilah seperti diatas ya bro.. Hehe

Semoga berguna

Ditulis oleh Cak Akim

Ikuti/kontak motohits:
Facebook Fanspage : motohits.com
Twitter : @motohits
BBM Channel : C004650ED
Email : redaksimotohits@gmail.com

Artikel menarik lainnya:

Iklan

Komentar»

1. solehudin - 22 September 2015

Kita orang indonesia, belum tentu tau bahasa ingris semua lek, mohon d kasih tulisan bhasa indonesia,y atau artinya lek,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: