Iklan
jump to navigation

Nih Daftar Sepeda Motor Yang Cocok Dan Yang Tidak Cocok Minum Pertalite 31 Juli 2015

Posted by Cak Akim in news.
Tags: , , , ,
trackback

image

Motohits – Bro sis sekalian, dirilisnya BBM jenis baru di Indonesia beberapa waktu lalu memang menambah varian bahan bakar yang bisa digunakan untuk sepeda motor kita. Yups, berlabel Pertalite BBM jenis baru ini memiliki RON 90 atau bisa dikatakan lebih baik dibandingkan dengan Premium yang memiliki RON 88. Bagi sebagian produk sepeda motor di Indonesia angka RON 90 ini memang cocok. Ingat lho, sebagian. Nggak semua!!

Loh kenapa nggak semua produk? Tentu saja ada kaitannya dengan spesifikasi mesin mas bro. Yups, dikutip dari laman otomotifnet (31/7/2015) menurut ahli Sistem Pembangkit Daya-Perawatan Mesin dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr. Ir. Tri Yuswidjajanto yang membantu pengetesan Pertalite dengan RON 90 ini cocok untuk produk dengan mesin berkompresi antara 9 sampai 10 banding 1. Sementara untuk kompresi lebih dari itu maka sebaiknya tidak menggunakan Pertalite. Nah di Indonesia sendiri tidak semua produk sepeda motor memiliki spesifikasi mesin dengan kompresi tersebut diatas bro. So, sepeda motor tersebut tidak dianjurkan menggunakan Pertalite. Apa saja? Monggo berikut data beberapa sepeda motor yang tidak cocok menggunakan Pertalite (kompresi kurang dari 9 dan lebih dari 10 dibanding 1):
Kawasaki Ninja 250 : 11,3:1
Kawasaki Z250 : 11,3:1
Kawasaki Ninja RR Mono : 11,3:1
Kawasaki Z250SL : 11,3:1
Kawasaki Ninja 150 (2-tak) : 6,8:1
Kawasaki Ninja 1000 : 11,8:1
Kawasaki Ninja ZX-10R : 13,0:1
Kawasaki D-Tracker 250 : 11:1
Kawasaki KLX 250L : 11:1
Kawasaki Pulsar 200NS : 11:1
Honda CB150R : 11.0 : 1
Honda CBR150R : 11.0 : 1
Honda Vario 125 eSP : 11,0 : 1
Suzuki Inazuma : 11,5:1
Yamaha MT-25 : 11,6:1
Yamaha YZF-R25 : 11,6:1

Nah berikut data sepeda motor yang cocok menggunakan Pertalite (kompresi antara 9 sampai 10 dibanding 1):
Kawasaki Estrella : 9.0:1
Kawasaki ER-6n : 10,8:1
Kawasaki Ninja 650 : 10,8:1
Kawasaki Vulcan S : 10,8:1
Kawasaki Versys 650 : 10,8:1
Kawasaki KLX 150 : 9,5:1
Kawasaki Dtracker 150 : 9,5:1
Kawasaki KSR : 9,5:1
Kawasaki Athlete : 9.8:1
Honda Supra X125 FI : 9,3:1
Honda Supra X125 Helm In : 9,3:1
Honda Revo FI : 9,3:1
Honda Blade 125 FI : 9,3:1
Honda Verza : 9,5:1
Honda New MegaPro FI : 9,5:1
Honda CBR250R : 10.7 : 1
Honda BeAT FI eSP : 9,5:1
Honda Scoopy FI eSP : 9,2 : 1
Honda Vario 110 eSP : 9,2 : 1
Honda Vario 150 eSP : 10,6 : 1
Honda PCX 150 : 10,6 : 1
TVS Apache 180 : 9,5:1
TVS Apache 160 : 9,5:1
TVS Neo : 9,35:1
Suzuki Satria F150 : 10,2:1
Suzuki Alexo 125 : 9,5:1
Suzuki Nex : 9,4:1
Suzuki Address : 9.4:1
Suzuki Hayate : 9,6:1
Suzuki Thunder 125 : 9,2:1
Yamaha Byson : 9,5:1
Yamaha New V-Ixion : 10,4:1
Yamaha YZF-R15 : 10,4:1
Yamaha Scorpio Z : 9,5:1
Yamaha Mio J : 9,3:1
Yamaha Mio GT : 9,3:1
Yamaha X-Ride : 9,3:1
Yamaha Mio M3 125 : 9,5:1
Yamaha soul GT125 : 9,5:1
Yamaha Fino FI : 9,3:1
Yamaha GT125 : 10,9:1
Yamaha Xeon RC : 10,9:1
Yamaha NMAX : 10,5:1

Sebagian besar produk di Indonesia cocok pakai Pertalite bro.. Ya iyalah, kalau nggak cocok ngapain diproduksi. Hehehe

Semoga berguna

Posted by Cak Akim
Facebook : Moch. Zainul Chakim
Email : redaksimotohits@gmail.com
WhatsApp : 085727570067

Baca juga:

Iklan

Komentar»

1. wanwan - 31 Juli 2015

Mas, saya pake mio sporty tahun 2009 cocok apa gak ya, mohon pencerahan mas

Cak Akim - 1 Agustus 2015

Mio sporty klo gak salah kompresinya 8,8:1, klo menurut data diatas kurang cocok mas karena dibawah 9:1. Tapi klo mau pake pertalite gak masalah, cuma dampak positif pertalite kurang bisa maksimal dimanfaatkan dengan rasio kompresi segitu. CMIIW

2. wanwan - 31 Juli 2015

Mas saya pake mio sporty 2009 bisa gak?. Mohon pencerahana ni mas

3. feizuldaanis - 1 Agustus 2015

wah,, aku baru kali ini denger yang namanya pertalik, he he untung ja ada buka blog ini kalo gak , ya gak tau deh peralik tu apa, he he

4. Aciel - 1 Agustus 2015

Alhamdulillah kedua motor ane masuk semua, Suzuki Satria F150
Suzuki Address 110

Suzuki Way Of Life 😀

5. Ms Dhukha - 1 Agustus 2015

Wah data motorku nggak ada nih….

6. Refa Ristyo Wijaya - 1 Agustus 2015

wah Jupiter MX ga termasuk ya mas? trus Jupiter MX kalo pake pertamax gmn mas?

7. jai - 11 Agustus 2015

Pertalite!!! Klo Buat Yamaha RX king aya naon kang,?

8. kumbang malam - 20 Agustus 2015

Pertalite saat dipacu.150cc 4T DOHC 10.2 : 1 lebih besar getarannya cuma lebih adeM(dingin). lebih nahan di RPM..dibanding Pertamax.
Aneh emang..dibandingkan premium pun Pettalite terasa berat di mesin.

Cak Akim - 20 Agustus 2015

Waduh koq bisa yak..

9. Key - 5 September 2015

Ane pake beat fi 2014, pas pake pertalite akselerasinya berkurang, rasanya lebih mending premium dibanding pertalite kalo di motor yang ane pake gan

Cak Akim - 6 September 2015

Wah koq malah gitu ya? Padahal secara oktan pertalite lebih baik dari premium

10. Impresi Pertama Pakai Pertalite di Supra X 125 Fi | motohits.com - 19 September 2015

[…] #Baca daftar sepeda motor yang cocok pakai pertalite […]

11. RyanFebryan - 29 September 2015

Yah, memang pertamax lebih Max !! (Y)

12. yanuar - 10 November 2015

Gan…
Xeon Yamaha yg keluaran pertama itu bisa gk pake pertalite?
Soalnya ane masih pake itu

13. sofyan - 30 November 2015

gan kalaw buat motor bebek jadul seperti honda supra fit itu bsa gx pake pertalite

Cak Akim - 1 Desember 2015

Kalau bicara bisa sepertinya bisa gan, cuma lebih baik disesuaikan dengan kompresinya saja

14. sidik - 23 Februari 2016

wah saya vario 125 esp je . kalo pake pertalite terus gimana ya dampaknya . mohon pencerahannya

15. isna - 28 September 2016

kalo vario 125 gimana mas???

16. Ade - 23 Oktober 2016
17. jay - 22 November 2016

Klau buat jupiter mx tahun 2010 gmn gan?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: