Iklan
jump to navigation

Tips Mudik Dengan Sepeda Motor, Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan?? 10 Juli 2015

Posted by Cak Akim in Tips & Trik.
Tags: , , , , ,
trackback

image

Motohits – Mudik adalah tradisi masyarakat Indonesia yang dilakukan setiap jelang hari raya idul fitri. Bagi sebagian besar masyarakat hari raya idul fitri memang dijadikan momen penting untuk berkumpul bersama keluarga setelah satu tahun sibuk dengan pekerjaan atau kegiatan sekolahnya masing. Nah mudik sendiri terbagi dalam 3 kategori, via jalur darat, jalur udara, dan jalur air. Namun dari ketiga jalur sepertinya jalur darat-lah yang kebanyakan orang melakukannya.

Ada beberapa alat transportasi yang umumnya digunakan untuk mudik via jalur darat. Salah satunya adalah dengan sepeda motor.. Meski kita tahu berkendara jauh dengan sepeda motor tentu resikonya lebih tinggi jika dibandingkan dengan mobil, bus, atau kendaraan darat lainnya. Namun tak dapat dipungkiri sepeda motor masih menjadi primadona tersendiri untuk dijadikan kendaraan mudik. Disamping biaya yang mungkin lebih murah, sensasi mudik dengan sepeda motor bagi sebagian orang memang lebih asyik. Nah kali ini motohits akan sedikit memberikan tips bagi bro sis yang ingin mudik dengan sepeda motor. Apa saja tipsnya? Monggo..

1. Siapkan kondisi psikis. Ketika kita berkendara tentu kondisi psikis kita sangat berpengaruh pada pola berkendara kita dijalanan. Jangan sekali-sekali mudik dengan kondisi psikis kita yang sedang stress, emosi, dan kondisi lain yang kurang stabil. Sebab hal tersebut bisa berdampak pada cara berkendara kita, efectnya ya bisa membahayakan kita sendiri maupun orang lain. Tenangkan dulu pikiran kita sebelum melakukan mudik.

2. Siapkan kondisi fisik. Tak kalah penting kondisi fisik kita perlu dipersiapkan untuk mudik. Umumnya, mudik dilakukan dari satu kota ke kota lain dengan jarak yang yang jauh. Nahh ketika itu juga fisik kita dituntut untuk kuat dalam segala kondisi, artinya baik panas, dingin, dan kondisi hujan kita harus siap. Jadi persiapan fisik sangat penting bagi kita sebelum mudik. Yang perlu diingat, isitirahatlah segera ketika kondisi fisik sudah mulai menurun. Sebab hal ini dapat menurunkan konsentrasi berkendara.

3. Periksa kendaraan. Pastikan kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk mudik dalam keadaan baik. Percuma dong kondisi kita baik tapi kendaraan kita kurang baik. Jadi ini juga merupakan faktor penting untuk menunjang keselamatan kita saat dijalan. Lalu apa saja yang perlu diperiksa?

Mesin, pastikan mesin dalam keadaan prima. Alangkah baiknya lakukan perawatan rutin entah itu dibengkel resmi atau kalau bisa dikerjakan sendiri sebelum natinya motor digunakan untuk mudik. Sebab mau tak mesin akan dipaksa bekerja lebih ketika motor digunakan untuk menempuh jarak jauh.

Roda dan ban, baik tekanan maupun kondisi kembang ban sendiri. Pastikan tekanan ban sesuai dengan ukuran standar yang ditentukan, terlebih kondisi kembang ban sendiri. Ban dengan kondisi yang sudah aus sebaiknya jangan digunakan untuk berkendara lagi.

Selanjutnya adalah rantai dan gear, yups inilah salah satu yang vital pada kendaraan. Rantai adalah penyalur tenaga yang dihasilkan mesin kepada  gear sebelum akhirnya ke roda. So, sangat dianjurkan memastikan kondisi rantai dan gear dalam keadaan baik. Bila memang sudah dalam kondisi kurang baik alangkah baiknya segera diganti satu paket (rantai dan gear). Kalau memang masih baik cukup dilakukan perawaran, perhatikan kekencangan, dan bila perlu semprot dengan chain lube. 

Rem, perangkat yang satu ini sangatlah penting. Sebab inilah salah satu perangkat safety yang wajib dalam kondisi baik untuk sebuah kendaraan termasuk juga sepeda motor. Nah sebelum menempuh perjalanan jauh sebaiknya cek kondisi rem kendaraan, baik selang rem, minyak, kampas, dan beberapa part lain yang berkaitan langsing dengan sistem pengereman.

Selebihnya beberapa bagian, part, atau system yang harus di lakukan pengecekan dan perawatan adalah lampu-lampu, klakson, system kemudi, dll. Oh iya, jangan lupa membawa perlengkapan surat-surat kendaraan juga.

4. Equipment berkendara. Hal lain yang harus dipersiapkan adalah kelengkapan berkendara untuk menunjang keselamatan kita. Apa saja? Diantaranya adalah helm, jaket, jas hujan (raincoat), sarung tangan, masker, tas bagpack plus cover, dll. Yups, beberapa equipment tersebut wajib kita pakai dan sebagian bisa kita bawa namun disimpan untuk jaga-jaga bro sis.

Itulah sedikit tips dari motohits sebelum bro sis melakukan mudik dengan sepeda motor. Ingat, berdoalah sebelum berangkat agar perjalanan kita selamat sampai tujuan. Berkendaralah dengan bijak, safety riding adalah harga mutlak. Patuhi seluruh rambu-rambu lalu lintas yang ada..

Selamat mudik bro sis.. Semoga perjalanannya aman, nyaman, menyenangkan, dan selamat sampai tujuan.

Semoga berguna

Posted by Cak Akim
Facebook : Moch. Zainul Chakim
Email : redaksimotohits@gmail.com
WhatsApp : 085727570067

Baca juga:

Iklan

Komentar»

1. RF - 10 Juli 2015

Mantap banget tipsnya.
Numpang sharing aplikasi & game android di Google play Gan
https://play.google.com/store/search?q=pub%3ARIFEL&c=apps

Cak Akim - 11 Juli 2015

Suwun bro sudah mampir


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: