Iklan
jump to navigation

Riding Sambil Merokok, Nggak di Benarkan Bro !!!! 1 Juni 2015

Posted by Cak Akim in Uncategories.
Tags: , ,
trackback
berkendara sambil merokok

ilustrasi

Motohits – Mengendari motor sambil merokok? Mungkin mas bro sudah pernah menjumpai bikers seperti itu, atau mungkin mas bro sendiri? Hayoo.. 😀 . Jadi gini bro, beberapa waktu kemarin seperti biasa motohits berangkat kuliah melewati jalan Pantura Pekalongan, Jawa Tengah. Nah pas dijalan ketemu tuh sama bikers perokok. Apesnya, jalanan lumayan padat dan mengharuskan motohits berada tepat dibelakang bikers tersebut dengan durasi cukup lama. Awalnya sih nggak masalah, tapi lama kelamaan koq ngerasa keganggu ya?

Yups, abunya mas bro.. Jiann bertebaran kearah kebalakang euy. Enggak satu dua kali, setiap batang rokok dihisap praktis menimbulkan abu yang otomatis bertebaran ke arah kebelakang. Yang bikin tepuk jidad si bikers dengan santai berkendara tanpa punya rasa risih apalagi bersalah. Hadahh ini orang minta di timpuk helm po pye? Sempet rada emosi sih, tapi biarin wes daripada ribut. Mending ngalah saja kebelakang..

Nah disini yang akan sedikit motohits bahas adalah mengenai tingkah bikers yang nggak bisa sejenak meninggalkan rutinitas merokok ketika berkendara. Secara etika menurut motohits pribadi jelas nggak dibenarkan. Mengapa? Ya seperti kasus motohits tersebut diatas.. Menggangu pengguna jalan lain euy. Selain itu dari segi safety jelas yang dimikian ini sangat kontras dengan yang namanya safety riding. Bagaimana tidak, pada dasarnya berkendara sangat menuntut fokus yang tinggi. Lah ini malah sambil merokok.. Jelas donk konsentrasi berkendara terbagi dengan memegang batang rokok, menghisap, dan mengeluarkan asap dari mulut. Mau tidak mau fokus berkendara tidak 100%. Betul nggak? Akibatnya? Banyak.. Salah satunya kecelakaan.. Oke kalau kecelakaannya tunggal, kalau melibatkan pengguna jalan lain? Merugian pihak lain..!!

Sementara bila dilihat dari sisi hukum kasus berkendara sambil merokok menurut referensi hasil searching di google bisa dijerat dengan Undang-undang No. 22 Tahun 2009 pasal 106 ayat 1 “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi”. Nah kendati tidak secara tertulis “dilarang merokok saat berkendara” namun ada pasal yang dapat menjeratnya bro.. Kalau melanggar? Nih jeratan hukumnya : Bagi yang melanggar Undang-undang No 22 Tahun 2009 pasal 106 ayat 1 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah). Lumayan tuh hukumannya..

Nah jelas tho, dari segi etika melanggar, dari hukum apalagi.. Wes sebenarnya nggak ada alasan lagi buat kita berkendara sambil merokok. So, buat mas bro yang masih melakukan demikian kesadarannya sajalah..

Oh iya, peran polisi lalu lintas juga perlu nih untuk memberantas hal-hal demikian. Jangan cuma kampanye-kampanye safety riding saja, tindak tegas mereka yang berkendara sambil merokok. Sepakat?

Semoga berguna

Posted by Cak Akim
Facebook : Moch. Zainul Chakim
Email : redaksimotohits@gmail.com
WhatsApp : 085727570067

Baca juga:

Iklan

Komentar»

1. ardiantoyugo - 1 Juni 2015

ga hanya pemotor… pemobil juga kadang ngrokok… pernah hampir berantem sama sopir mobil yang buang puntung rokok pas kena headlamp motor… kampret…

2. barrabaa - 1 Juni 2015

Sebel banget gue liat yang beginian.. Apalagi abis itu puntung rokoknya dibuang sembarangan.. Grrrr..

———————-
http://travelmotoblog.com/2015/06/01/klasemen-motogp-pasca-race-mugello/

3. beatfi - 1 Juni 2015

Bahaya banget emang nih yg kek gini… duh

4. Ferboes - 1 Juni 2015

Aku kadang juga begitu. Sekarang dah gak lagi

ada yg sebel undangan game di Facebook? siapa tahu ini berguna
Cara Cepat Me-Nonaktifkan Undangan Permainan di Facebook…!!! – http://wp.me/p3RQvE-44j

5. GandemLover - 1 Juni 2015

wkwkw aku selalu gagal kalau mau ngrokok sambil jalan jadi ahh sudahlah ambil amannya saja berhenti dulu kalau emang pengin ngrokok

https://gandem21.wordpress.com/2015/06/01/lele-dumbo-250-cc/

Cak Akim - 3 Juni 2015

Nah harusnya gitu, mending brenti dulu

6. bapakeVALKYLA - 1 Juni 2015

harusnya emang gak boleh..
tapi yaa tau sendirilah, orang sini masih banyak yg ndableg..

Cak Akim - 3 Juni 2015

Begitulah orang Indonesia

7. dewitya - 1 Juni 2015

iya bisa membahayakan

8. andhi2010 - 1 Juni 2015

Kebanyakan orang kita, ya seperti itu.
Memang budaya kita mulai luntur

Cak Akim - 3 Juni 2015

Mgkn perlu belajar etika berkendara lagi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: