Iklan
jump to navigation

Lagi, Aki Soak Bikin Mio J Mogok 11 Mei 2015

Posted by Cak Akim in yamaha.
Tags: , , ,
trackback

mio J mogok
Motohits
– Bro sis sekalian, Hari Kamis kemarin (14/5) motohits mengalami kejadian yang cukup menjengkelkan. Jadi gini, Mio J yang biasa digunakan motohits untuk aktivitas sehari-hari tiba-tiba mogok aka nggak nyala sama sekali. Kebetulan waktu itu motor habis dipakai ngampus dan pulang sekitar pukul 7 malam. Pas sampai rumah 5 menit setelahnya motor hendak dipakai. Nah disini mulai janggal, motor di starter bukannya mesin nyala malah indikator injeksi berkedip. wahh ada yang nggak beres nih.. Dicoba 3 kali masih tetep mesin nggak nyala, malahan semua lampu juga nggak nyala. Coba pake kick starter mesin bisa nyala tapi indikator masih kedip-kedip. Praktis motor nggak berani dipake dulu..

yamaha Mio J mogok
Beberapa saat kemudian di coba lagi, ealahh koq malah babar blass nggak nyala. Dari lampu rem, sein, klakson, apalagi mesin semuanya nggak bisa digunakan. Waladah pye iki.. Motohits langsung berfikiran mungkin akinya soak kayak kasus dulu nih. Jiaan koq menjengkelkan banget yak, aki soak motor babar blas nggak bisa digunakan.

motor injeksi mogok
Nah barulah hari minggu kemarin (10/5) motohits melipir ke salah satu dealer Yamaha, coba konsultasi eh yang piket minggu malah adimn bengkelnya. Nggak tahu apa-apa masalah gini.. Ya wes nggak jadi banyak tanya langsung beli aki saja. Sampai rumah aki dipasang dan langsung jrengg… Cek lampu-lampu, klakson semuanya normal. Dan benar saja ternyata masalahnya aki. Hadeh nyusahin juga ya kalau kasus seperti ini dialami saat bepergian.

Yups, itulah problema motor injeksi Yamaha mas bro. Menurut kang aripitstop penjelasannya seperti ini : Motor injeksi yamaha mulai dari mio j sampai xeon rc yang terakhir keluar menggunakan pengisian sistem 1 phase terbuka, Pengisian 1 phasa dengan sistim AC/DC Open charging dapat menghentikan proses pengisian arus listrik saat kondisi aki sedang full charge penuh, yang mekanismenya diatur oleh rectifier – regulator (kiprok).Memang kerja aki jadi ringan dan umur aki lebih awet karena saat pengisian aki sudah penuh maka pengisian akan di putus, kelemahannya motor yang menggunakan sistem 1 phasa pengapiannya hanya mengandalkan dari aki,makanya jika aki soak motor bisa mogok,dengar2 sich buat neken biaya cost produksi kang bro.

Yang bikin lumayan kesel soaknya aki ini tidak didahului indikasi-indikasi tegangan mulai turun, lha wong sebelumnya nggak ada yang aneh je saat hendak pulang dari kampus. Eh sampai rumah mau digunakan lagi malah babar blas gak bisa.. Bayangkan wes kalau kejadian ini terjadi saat bepergian malam-malam. Beuhhh repot pastinya..

So, semoga kedepan para pabrikan bisa meminimalisir atau bahkan menghilangkan masalah-masalah semacam ini agar produknya tidak menyusahkan konsumen di kemudian hari :D.

Semoga berguna

Posted by Cak Akim
Facebook : Moch. Zainul Chakim
Email : redaksimotohits@gmail.com
WhatsApp : 085727570067

Baca juga:

Iklan

Komentar»

1. macantua.com - 11 Mei 2015
2. Indomoto - 11 Mei 2015

Mio soul saya jg begitu kok

3. viewie white blog's - 11 Mei 2015

x ride saya juga begitu.. sama2 mesin ymjet FI emng bgtu, klo aki soak ya modiar… klo pepergian jauh jadi pripare aki cadangan.. enak bluecore udah 3 phase.. aki soak maupun di copot.. motor masih jalan..

4. RF - 11 Mei 2015

Repot juga ya, aki soak tanpa ada gejala2 sebelumnya.
Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor manual Gan
https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.application.servismotorkopling

5. st3v4nt - 12 Mei 2015

Namanya motor murah injeksi mau gimana lagi….makanya kalo sudah injeksi mestinya ada indikator buat kelistrikan apalagi kalau sudah minus kick starter…

Cak Akim - 13 Mei 2015

Nah begitulah.. sayangnya guna menekan cost produksi pabrikan enggan menyematkan indikator tsb 😀

6. gun gun - 13 April 2016

Terimakasih infonya… ane mau coba ni kasusnya sama..

7. anas - 16 April 2016

Kayaknya saya mengalami hal yang serupa..browsing2 ketemu blog ini..Btw aki yg soak udh brp umurnya mas? Kalo mio sy 2,5 tahun baru soak. Makasih infonya

8. Ferdiugok - 25 April 2016

Saya juga gitu punya mioj, pas udah mau pake ada keperluan ehhh malah gx mau hidup. Kirain apa yang rusak, enjeksinyalah atau apanyalah karna bru abiz tbrkan. Ehhh tau2nya aki yg abissss….. nasib2 udah jauh2 di trik pke mtr bwa ke dealer resmi rupanya cuma aki doang yg jadi masalah

9. Awanjoho - 10 November 2016

Bener banget gan Mio j ane juga. Sama..sori jam 17:30 normal n jam 18:30 mau dipakai tiba tiba off semua sama persis Ama yg dialami agan… (ane pikir staternya putus..atau apa gitu.. gak kepikiran ke aki karena baru ganti)
Kebetulan pagi dibawa ke bengkel kata montirnya akinya mampuss…padahal baru…beli aki sekitar 7 bulan. ..

Penyakit matic memang di aki n sering ngempos. ….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: