Iklan
jump to navigation

The Power Of DOHC Engine, Bukan Hanya Performa.. 11 Januari 2015

Posted by Cak Akim in honda, yamaha.
Tags: , , , , ,
trackback

new vixion vs cb150r
Motohits
– Bro sis sekalian, kemunculan Honda CB150R Street Fire kala itu memang cukup fenomenal. Dari spesifikasi mesin yang ada serta desain rangka berupa pipa tralis menjadikan sportbike ini digadang-gadang bakal menjadi Vixion killer. Yups, diatas kertas CB150R memang menggendong mesin cukup superior mas bro.. Mesin berkubikasi 150cc DOHC liquid cooled ini mengadopsi mesin CBR150R CBU Thailand namun dengan racikan lokal. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen bila kita membandingkannya dengan New Vixion yang masih SOHC.

Nah ternyata sejak kemunculannya persaingan antar Yamaha dan Honda semakin memanas.. Sportbike andalan masing-masing sering kali diperdebatkan, terlebih mengenai spesifikasi mesin yang diusung keduanya. Yamaha dengan New Vixion SOHC dan Honda dengan CB150R DOHC. Tak hanya itu, persaingan berlanjut ke segmen full fairing. Yamaha dengan R15 dan Honda dengan New CBR150R. Secara spesifikasi mesin keduanya bisa dikatakan identik dengan versi nakednya masing-masing. Nah yang jadi pertanyaan sebenarnya lebih superior mana SOHC dan DOHC itu?

Secara sederhana perbedaan SOHC dan DOHC terletak pada torsi dan power, SOHC seringkali dikatakan memiliki torsi besar di rpm bawah sedangkan DOHC memiliki power besar di rpm atas. Tapi bukan berarti SOHC kalah kencang..

r15 vs cbr150rAkan tetapi yang terjadi di Indonesia mesin DOHC seringkali dianggap lebih superior dibandingkan dengan SOHC. Yups, mindset konsumen memang masih demikian bro, so DOHC biasanya lebih punya daya tarik tersendiri. Nah inilah salah satu bukti bahwa DOHC selain meningkatkan performa tetapi juga jadi tren marketing. Artinya kekuatan sebuah produk bisa lebih terdongkrak ketika mengaplikasikan mesin DOHC.. Walaupun secara performa belum tentu lebih unggul. Sepakat?

Secara sederhana dapat disimpulkan selain menawarkan performa mesin yang mengusung teknologi DOHC juga dapat mendongkrak image sebuah sportbike. Nah dari hal itu tentu saja akan berdampak pada penjualan yang bagus mas bro.. Jadi gambarannya gini, tak sedikit dari konsumen yang sebenarnya tidak memaksimalkan betul mesin DOHC, artinya meminang motor DOHC bisa jadi cuma masalah gengsi. “Nihh motor gue DOHC..”, tanpa mempedulikan performa yang sebenarnya. Begitulah kira-kira..

Kini kabar mengenai New Vixion facelift yang bakal mengusung mesin DOHC mulai berkembang. Tentu hal ini akan menjadikan konsumen berbondong-bondong untuk menunggunya.. Padahal bila disandingkan SOHC New Vixion sebenarnya tidak kalah dengan DOHC CB150R. Namun kembali lagi, mindset konsumen Indonesia seperti yang motohits katakan di atas mas bro.. Jadi mau tak mau pabrikan harus mengikutinya. Bukan semata karena performa sih.. Namun lebih ke image.. Iya nggak?

Hmmmm.. Pesona DOHC memang joss yak

Semoga berguna

Posted by Moch. Zainul Chakim
Facebook : Moch. Zainul Chakim
Email : redaksi@motohits.com

Baca juga:

Iklan

Komentar»

1. casper - 11 Januari 2015

saya pkir konsep sohc dohc itu hanya booming d kalangan bloger dan pmbacanya aja, d publik it gak terlalu ngaruh. pmilih vixion akan tetap mmilh krna tampang gahar performa yahud dan irit. msalah dohc sohc bhkan tidak tau itu singkatan apa

dkalangan bloger sndri timbul misconsepsi tntang hal it ya krna tidak smua dri jurusan teknik mesin. dohc memang perkembangan stelah sohc tp bkn berarti sohc inferior. kalau bicara mobil balap dg katub titanium, turbocharged intercooler ya pasti dg make dohc it lbh bgus. tp mtor 150cc bhan bakar harus ready oktan 88 saya pkir sohc dohc itu sama skali gak pengaruh signifikan.

cupcake - 11 Januari 2015

sohc vixion dan dohc entah FU atau cibi150 bukan hanya ttg jumlah cam, memang bner, toh mreka sma2 punya 2 pasang katup(valve)
liat bore sma strokenya juga sana,,

SiGantengMaut - 11 Januari 2015

Ngaco. Bore stroke nya jelas beda.

Kobayogas - 11 Januari 2015

persentasenya lebih ke nilai jual dari nama DOHC sendiri. Terus ke keperluan modifikasi. Gimmick marketing utamanya…
Walau SOHC 1500 cc HOnda di mobil lebih superior dari 1500 DOHC lain di kelasnya…
===========

http://kobayogas.com/2015/01/11/track-and-safety-riding-day-bersama-mv-agusta-owner-club-indonesia-pengalaman-sangat-berharga/

2. Juragan - 11 Januari 2015

Pertamax

3. IWB - 11 Januari 2015

joss

4. cupcake - 11 Januari 2015

saya seumur2 mbawa FU, mau start duluan atau star blakangn, ga pernah itu bisa di kejar mesin SOHC,
anehnya sama cebong ane kteteran

5. ardiantoyugo - 11 Januari 2015
6. Dide Irvin - 11 Januari 2015

DOHC dan overberuk emang sesuatu banget di indonesia :mrgreen:

kenapa gak ada yg bahas throttle body ya 😀
sekarang CBR150 pake TB 30mm , R15 pake TB 28mm
coba kalo TB keduanya disamakan gimana ? 😀
kalo R15 pake TB 32mm sedangkan CBR150 tetap pake TB 30mm gimana ? 😀

jadi mau itu SOHC oversetruk setruknya setruk banget juga gak mesti kalah power, semua tergantung throttle body nya :mrgreen:

7. Dide Irvin - 11 Januari 2015

SOCH oversetruk setruknya setruk banget juga bisa superior kok

contohnya KTM 450 SX-F Rally Dakar supperior pake banget, kalo gak salah 5 kali berturut juara dakar
padahal KTM 450 SX-F Rally cuma pake mesin SOHC 4 klep oversetruk setruknya setruk banget :mrgreen:

8. keyko - 12 Januari 2015

wat ane mo sohc kek..dohc kek..yg penting mtr ganteng, awet, dan irit…!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: