jump to navigation

Open Class Bakal Dihapus Dalam Motogp 3 Desember 2014

Posted by Cak Akim in motogp.
Tags: ,
trackback

rider motogpMotohits – Selamat pagi mas bro, bagaimana kabarnya hari ini? Baca-baca berita di media online motohits menemukan hal yang cukup menarik mas bro, sesuai judul kabarnya open class dalam motogp akan dihapuskan bro? Hal tersebut kini sedang menjadi isu hangat mengenai perubahan regulasi untuk motogp musim 2016. Loh berarti semua tim bakal tergolong dalam tim pabrikan dong? Yups, begitulah kira-kira..

Seperti yang kita ketahui saat ini tim dan pembalap yang berlaga di motogp memiliki dua opsi, yakni open class dan factory class. Apa sih bedanya? Secara garis besar berikut mas bro perbedaannya : Open Class diwajibkan untuk menggunakan komputer elektronik (ECU) yang sudah disediakan Dorna, sedangkan untuk Factory Class diperbolehkan menggunakan ECU hasil pengembangannya sendiri. Kemudian masalah bahan bakar yang digunakan saat race, tim yang masuk kategori Open Class dapat menggunakan bahan bakar mencapai 24 liter, sedangkan tim Factory hanya 20 liter saja. Kemudian pebedaan lainnya adalah mengenai jumlah mesin yang boleh digunakan dalam satu muson, Open Class diperbolehkan menggunakan 12 mesin, sedangkan Factory Class hanya 5 mesin. Perbedaan yang terakhir adalah mengenai ban, Open Class diperbolehkan menggunakan ban lebih lunak daripada ban milik tim pabrikan. So, keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Nah kini perbedaan tersebut kabarnya bakal diseragamkan oleh Dorna selaku penyelanggara motogp. Nantinya para tim diwajibkan untuk memakai perangkat ECU yang sama dari panitia. Selain itu bahasan yang masih menjadi perbincangan adalah mengenai kapasitas mesin, jatah bahan bakar untuk setiap race, dan jumlah mesin yang diperbolehkan dalam satu musim.

Weleh bakalan ada yang ngamuk gak nih? Seperti yang kita ketahui setahun lalu Honda lewat bosnya Shuhei Nakamoto mengancam akan hengkang dari ajang motogp jika Dorna mewajibkan penggunaan ECU yang sama pada setiap tim. Hal tersebut dianggap sangat tidak masuk akal dan bakal mencederai kreativitas pengembangan teknologi oleh setiap tim. Wah wah wah…

So, apakah regulasi ini benar-benar akan diterapkan? kita tunggu saja kabar selanjutnya. Btw kalau mas bro sendiri setuju gak nih? Monggo komentarnta..

Semoga berguna

Posted by Moch. Zainul Chakim
Facebook : Moch. Zainul Chakim
Email : redaksi@motohits.com

Baca juga:

Komentar»

1. macantua - 3 Desember 2014
2. Tzuka - 3 Desember 2014

Tahun 2014 ECU sudah sama semua brow, hanya saja softwarenya saja yang masih dikembangkan masing masing pabrikan, pertengahan tahun 2015 pengembangan sortware dibekukan.

3. agoey - 3 Desember 2014

setujulah..biar persaingannya sehat..

4. setia1heri - 3 Desember 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: