Iklan
jump to navigation

Harusnya Dealer Punya Tanggung Jawab Untuk Memberikan Pengarahan Pada Salesnya 15 Oktober 2014

Posted by Cak Akim in motorcycle.
Tags: ,
trackback
ilustrasi

ilustrasi

Motohits – Bro sis sekalian, di akui atau tidak sales merupakan ujung tombak dari sebuah perusahaan, tanpanya tentu produk tidak akan bisa terjual moncer sesuai dengan target yang di patok perusahaan tersebut. Mau pabrikan buat produk sesuperior, seistimewa, dan sekompetitif apapun tanpa peran sales dijamin penjualannya gak akan moncer. Jadi bisa dikatakan sales merupakan salah satu pemeran penting dalam roda perusahaan.

Nah disini motohits akan sedikit curhat dan mungkin bisa dikatakan mengutarakan pendapat tentang sales pabrikan sepeda motor yang bekerja pada dealer-dealer jaringannya. Sedikit out of the box sih dari otomotif, tapi masih nyambung dah.. Kan salesnya produk sepeda motor..hehe

Jadi begini, beberapa waktu yang lalu motohits menjumpai stan Yamaha di acara Expo dalam rangka ulang tahun Kabupaten Pekalongan. Nah disana nangkring beberapa produk Yamaha termasuk diantaranya adalah R25. Langsung saja ke TKP dan sempat ngelus-ngelus motor tersebut. Maklum baru pertama kali ketemu sama si R25.. 😀

Tidak lama kemudian si sales datang sembari berkata “Yamaha R25 itu mas, motor baru”. Kemudian motohits melontarkan beberapa pertanyaan diantaranya harga OTR di Pekalongan, spesifikasi, dan fitur. Sebenarnya sih cuma buat bincang-bincang saja ya, biar sales tersebut menjelaskan tentang detail R25 tersebut. Namun yang motohits jumpai justru sales tersebut gak ngerti detail lain kecuali harga dan kubikasi mesin.. Haduh, tepuk jidad ki.. Doi bilang ini produk baru, jadi belum ada pengarahan dan pembekalan dari dealernya. Lohh, koq bisa ya? Padahal jarak antatara perilisan dan kejadian motohits ini sudah lama banget. Lha wong pertengahan Agustus kemarin, launching R25 sendiri bulan Mei.. Harusnya dealer sudah ngerti tho mengenai detail produk barunya ini. Tapi faktanya ini sales koq gak ngerti ya..

Memang sih sales tidak selalu mereka yang berkecimpung di dunia motor. Mereka berasal dari berbagai kalangan yang mungkin saja kurang paham dengan motor. Namun bila sudah terjun menjadi sales harusnya dealer mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pengetahuan dan pembekalan mengenai produk-produknya. Pun demikian dengan salesnya, harus mempunyai komitmen bila sudah berkecimpung di pekerjaan ini. Entah itu menggali informasi sendiri atau aktif dalam meminta pengarahan dari dealer..

Yups, begitulah seharusnya. Seorang ujung tombak perusahaan harusnya paham dan menguasai detail produk perusahaan tersebut agar komunikasi yang baik dengan konsumen dapat terjalin. Dengan begini konsumen yang kurang paham dapat dengan mudah menggali informasi detail produk yang diingini.

Semoga berguna

Posted by Moch. Zainul Chakim
Facebook : Moch. Zainul Chakim
Email : chakim92@gmail.com

Baca juga :

Iklan

Komentar»

1. ardiantoyugo - 15 Oktober 2014
chakim92 - 17 Oktober 2014

cantik 😀

2. potretbikers - 15 Oktober 2014

Sepertinya sudah loch, ada istilah Product knowledge….tapi mungkin mbaknya memang kurang ngeh dengan motor #CMIIW 😉

http://potretbikers.com/2014/10/15/honda-cbr150-r-dual-keen-eyes-tembus-18-2-dk-di-11-000-rpm-mayan-cesss/

chakim92 - 17 Oktober 2014

mungkin begitu mas

3. agoey - 15 Oktober 2014

memang begitu…. mereka cuma diaksih tau.. motornya tipe apa, cc nya berapa, trus harganya brapa, diskonnya berapa…

http://agoey.wordpress.com/2014/10/15/nih-cara-menghasilkan-uang-dollar-menggunakan-aplikasi-android/

chakim92 - 17 Oktober 2014

iya bener mas, konsumen bingung sendiri jadinya 😀

4. winhitam - 16 Oktober 2014

ini yg versi saya via bonsai biker

chakim92 - 17 Oktober 2014

nah lho?

5. st3v4nt - 16 Oktober 2014

Ngarepin tenaga sales punya product knowledge? Langka itu di negara ini karena banyak sales yg cuma di kontrak dan dikasih target sekian unit per bulan, jadinya ya gitu motor itu sekadar komoditi yang harus dijual sekian rupiah dengan cara leasing supaya ada profit sekian dan komisi sekian…jadinya ya sekian…..

chakim92 - 17 Oktober 2014

yg jadi korban konsumen 😀

6. setia1heri - 16 Oktober 2014

yupz…mungkin dia sedang lelah :lol;

chakim92 - 17 Oktober 2014

bisa jadi 😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: