jump to navigation

Beberapa Pelanggaran Ketika Berkendara Yang Dianggap Sepele Namun Punya Dampak Berbahaya 22 September 2014

Posted by Cak Akim in otomotif, Uncategories.
Tags:
trackback
pelanggrana lalu lintas

ilustrasi

Motohits – Bro sis sekalian, pada dasarnya ketika berkendara dengan sepeda motor kita dituntut untuk mematuhi aturan-aturan yang sudah diberlakukan, baik itu yang sifatnya safety maupun aturan tentang kelengkapan motor itu sendiri. Namun realitanya masih banyak dari kita yang melanggar aturan tersebut. Entah dengan disengaja maupun tidak. Nah pada artikel ini motohits akan sedikit membahas pelanggaran-pelanggaran yang biasa di anggap sepele namun sebenarnya punya dampak yang mengerikan. Apa saja pelanggaran yang dimaksud? Monggo…

1. Menerobos lampu merah
Yups, pelanggaran ini kadang dianggap sepele oleh pelanggarnya. Mungkin mereka beranggapan kalau hal ini tidak membahayakan. Padahal kita tahu dalam aturannya lampu merah haruslah berhenti dan memberikan kesempatan jalan bagi pengendara dari arah lain ataupun para penyebrang jalan. Namun realitanya tak jarang yang menerobos dengan alasan sedang buru-buru dsb. Padahal sangat berbahaya lho..

2. Ngebut saat lampu kuning
Nah yang satu ini juga sering kita jumpai. Dengan alasan tanggung, buru-buru, dsb banyak dari kita yang justru ngebut saat lampu kuning nyala. Padahal lampu kuning menunjukkan peringatan harus pelan-pelan karena beberapa detik kemudian akan nyala merah.

3. Tidak menyalakan lampu sein ketika berbelok
Yang ini juga sering dijumpai dijalanan, terlebih untuk pengendara ibu-ibu (maaf ya bu 😀 ), eits bukan berarti selain ibu-ibu nggak lho ya :D. Entah lupa atau bagaimana tak jarang mereka hanya berbelok tanpa menyalakan lampu sein. Alhasil pengendara yang dibelakang sering kali terkecoh, praktis hal ini bisa menimbulkan kecelakaan.

4. Headlamp tidak nyala/mati
Sekarang memang sudah diberlakukan aturan yang wajib menyalakan lampu depan di siang hari, artinya tidak seperti dahulu yang hanya berlaku pada malam hari. Nah untuk motor-motor keluaran terbaru memang sudah menggunakan sistem AHO (Automatic Headlight On) untuk mendukung aturan ini. Tentu ini menghilangkan potensi lupa menyalakan lampu. Namun bukan berarti tidak ada dampak negatif yang ditimbulkan,  pada motor yang sudah menganut AHO ini bohlam pada lampu justru ceat mati. Kalau sudah mati tak jarang yang mengabaikan hal ini dan tidak segera mengganti yang baru. Okelah kalau siang hari, kalau malam hari? Tentu ini dapat menimbulkan potensi kecelakaan..

5. Stoplamp terang/menyilaukan
Nah kalau yang ini banyak kita jumpai pada anak-anak remaja, mungkin mereka menyebutnya modifikasi. Entahlah sisi modifikasinya darimana, wong stoplamp menyilaukan koq dibilang modif. Tapi itulah realitanya, masih banyak terjadi bi beberapa daerah. Padahal sesuai aturan stoplamp haruslah berwarna merah.. Nah ini malah dibikin kayak lampu depan. Tepuk jidad tenan (Iwb moden on 😀 ). Dampaknya? Tentu saja sangat berbahaya bagi pengendara dibelakangnya..

6. Menerobos palang pintu kereta api
Kalau yang ini mungkin bisa dibilang menantang maut ya? Lha wong kereta api je.. Yups, dalam perlintasan kerata api memang biasanya sudah dilengkapi dengan palang pintu. Namun sering kali justru banyak yang menerobos ketika pintu sudah ditutup. Dampaknya? ah sudahlah…

Yups, itulah beberapa pelanggaran yang dianggap sepele namun punya dampak yang berbahaya baik untuk diri sendiri maupun orang lain.. Adakah dari bro sis sekalian yang melakukannya? Hayooo ngaku… 😀

Yang mau menambahi monggo…

Semoga berguna

Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas :D

Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas 😀

Posted by Moch. Zainul Chakim
Facebook : Moch. Zainul Chakim
Email : chakim92@gmail.com

Komentar»

1. ndesoedisi - 22 September 2014

iya karena sudah banyak yang melanggar jadi kebiasaan..

chakim92 - 25 September 2014

padahal bahaya 😦

2. Faizal - 22 September 2014

nyetir sambil sms-an / teleponan juga membahayakan buat diri sendiri dan orang lain

chakim92 - 25 September 2014

bener itu

3. fakurukaf - 22 September 2014

nyetir motor sambil sms-an / teleponan paling bikin ane bete, selain bikin kagok pengendara yg lain jg bahaya buat dia sendiri

chakim92 - 25 September 2014

iya bro, yg itu juga bahaya

4. Dani - 22 September 2014

infonya mantap masbro

chakim92 - 25 September 2014

makasih sudah mampir mas bro

5. st3v4nt - 23 September 2014

Stop lamp mati juga bahaya om apalagi kalau malam, di kota yg tingkat macetnya sudah bumper to bumper bahaya banget ngebiarin stop lamp mati….iya kalau belakangnya cuma motor lah kalau disundul mobil gimana?

chakim92 - 25 September 2014

oh iya om, apalagi kalau gak ada penerang jalan ya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: