jump to navigation

Tips menghadapi jalan rusak 26 Januari 2014

Posted by Cak Akim in Uncategories.
Tags:
trackback

Sudah menjadi pemandangan lazim ketika musim hujan datang, jalan-jalan rusak dan berlubang dimana-mana. Tak terkecuali jalan pantura pekalongan, Jateng. Banyak titik dimana terdapat lubang yang cukup dalam yang sewaktu-waktu bisa menyebabkan kecelakaan khususnya roda dua. Bahkan kemarin telah terjadi kecelakaan yang menewaskan seorang wanita di jalan pantura pekalongan ini.
Wah ngeri ya..

Nah Untuk menghadapi jalan berlubang, CK punya sedikit tips nih, monggo:
1. Pastikan kondisi kendaraan prima, terutama roda, sistem pengereman, dan juga lampu kendaraan. Karena saat malam hari itulah saat dimana bahaya lebih mengancam, nah dengan penerangan yang baik akan membuat kita dapat secara jelas melihat keadaan jalan.
2. Saat berkendara sebaiknya membuat jarak yang cukup dengan kendaraan didepan kita, terlebih kendaraan roda empat atau lebih. Karena dengan demikian kita dapat secara jelas memandang keadaan jalan didepan kita, langkah ini untuk mengantisipasi jika jalan yang kita lalui rusak.
3. Dalam berkendara bro sis sekalian haruslah fokus pada jalan didepan, jadi saat hendak menjumpai jalan rusak sudah mempunyai ancang-ancang untuk menghindar. Namun hati-hatilah dengan kendaraan dari belakang, Sebaiknya nyalakan sein dan lihat spion atau menoreh kebelakang untuk memastikan jalur yang akan dilalui tidak ada kendaran yang juga melewati jalur ini.
4. Bila tidak memungkinkan menghindar, Kurangilah kecepatan kendaraan dengan lakukan pengereman dan melajulah perlahan. Sebisa mungkin ban menapak sempurna dikontur jalan yang rusak, ini bisa mencegah kendaraan oleng dan kerusakan kendaraan.
5. Jika jarak kendaraan bro sis tidak memungkinkan untuk memperlambat laju kendaraan, berpeganglah yang kuat pada kemudi (stang bagi motor) kemudian angkat pinggul dengan siku tangan dan lutut sedikit ditekuk. Hal ini dapat menghindari tubuh terpental dari jok kendaraan. Lakukan dengan hati dan jangan panik.

Demikian sedikit tips dari CK. Jagalah keselamatan bro sis saat berkendara. Nggak usahlah yang namanya kebut-kebutan dijalan raya, terlebih waktu-waktu sekarang dimana terdapat banyak jalan yang rusak. Sayangilah diri sendiri, dan ingat keluarga dirumah menanti. Ok?

Keep safety riding

*pict: tribunjateng.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: