Iklan
jump to navigation

Motor Injeksi Mogok? Mungkin Ini Penyebabnya 23 November 2013

Posted by Cak Akim in motorcycle, otomotif.
Tags: , ,
trackback

Selamat siang bro sis.. Baca judul diatas mungkin ada yang penasaran, apa si penyebab motor injeksi mogok? Apalagi motor baru. Pasti bingung kan?

Nah lewat artikel ini CK mau sedikit berbagi pengalaman ketika mengalami kejadian yang kurang menyenangkan dengan Mio J yang sehari-hari menemani aktivitas CK. Kronologinya gini, CK hendak berangkat kuliah. Awalnya nggak ada gejala-gejala yang mencurigakan dari si abank (sebutan Mio J CK,hehe), okelah langsung berangkat seperti biasa. Sampai disana kuliah sampai menjelang maghrib trus istirahat untuk shalat. Ceritanya disela sela istirahat CK mau foto copy tugas dulu. Capcus ke tkg foto copy,selesai langsung mau ke masjid. Nah disini awal kurang enaknya, motor nggak bisa di starter, woles masih ada kick starter. Pake kick starter mesin nggak juga nyala, lihat indikator injeksi berkedip, mulai panik. Dugaan pertama Pasti ada masalah di sistem kelistrikan, tpi berhubung CK minim pengetahuan masalah motor injeksi jadi CK coba starter terus pke kick starter dan akhirnya mesin nyala. Dengan indikator injeksi yang berkedip, nekad langsung ke masjid. Jalan sekitar 100 meter mesin mati lagi, “haduh pye iki?” Bingung campur laper juga waktu itu,hehe
Ok nggak nyerah, starter lagi dan akhirnya nyala,

Singkat cerita, kuliah selesai CK hendak pulang. Berharap cepet sampai rumah, Ndilalah mesin motor nggak bisa nyala sama sekali. mau di bawa ke dealer udah nggak ada yang buka, terpaksa si abang ditinggal di kost’an temen.

Besoknya si abang di bawa ke dealer, dan ternyata masalahnya di “aki”, loh ternyata motor injeksi kalau akinya soak nggak bisa jalan sama sekali. Baru tau dan kaget juga, maklum orang seperti CK kurang pengetahuan tentang motor injeksi. Yang ada di bayangan waktu itu, bagaimana kalau yang mengalami kejadian seperti ini cewek di jalanan pegunungan yang nggak ada dealer, repot pake banget pastinya.

Disinilah bukti kalau orang awam dalam bidang otomotif terutama injeksi belum siap akan kehadarian teknologi injeksi, contohnya CK sendiri wes nggak jauh-jauh.hehe.. Tapi realita sekarang produsen motor berlomba-lomba menghadirkan produk dengan teknologi injeksinya masing-masing. Jadi sebuah keharusan untuk kita yang baru pertama kali meminang motor injeksi mengetahui tekonologi injeksi yang di pakai motor tersebut. Caranya bagaimana? Ya baca buku petunjuk sebelum berkendara. Kan sudah disediakan oleh produsen saat membeli motor.

Jadi intinya jangan panik kalau motor injeksi bro sis mogok di tengah jalan, mungkin masalah terjadi pada aki. (Walaupun banyak kemungkinan yang lain). Jangan paksa di starter, karena hal itu dapat menyebabkan pada kerusakan ECU . Sebaiknya panggil mekanik dealer atau langsung dorong saja ke dealer untuk dilakukan pengecekan dengan alat diagnosis injeksi..

Semoga berguna,

Iklan

Komentar»

1. gc133hijrah - 26 November 2013

Ada kemungkinan juga selang pompa bensinnya macet gan, terutama yg sering pk premium, terjadi hari ini sama ane, vartech 125 ane mati dijalan,… Distater ga nyala, reset 3x baru nyala, langsung ane kasi pertamax biru, aga lumayanan, mungkin besok selama 2minggu ane pk pertamax merah….. Selang bensin injeksi kecil bgt, riskan kalo kena timbal…. Kalo udah gitu, gajian nanti mesti servis injektor….. Per 15ribu km kalo kata mekaniknya, or lebih rendah lg per 10ribu km kalo sering pk premium.

chakim92 - 3 Desember 2013

Nice info gan,,tapi Mungkin klo kasus yg agan alami cma mesin yg mati y?klakson,lampu sein masih bisa nyala?dlam arti kelistrikan msih jalan. Klo saya mati semua gan kelistrikannya.
Terima kasih sudah mampir,,

yamprut - 9 Juni 2015

di mio j gak ada kapasitor bro…jadi ya gitu…byk kasus kok…utk mio series Fi Yamaha ini.

ary bora bora - 15 Desember 2015

Kalau klakson, lampu sein, masih nyala .penyebab gak mau starter itu apa bang…

2. komar - 31 Maret 2014

hahaha…
ngarep omah…

chakim92 - 31 Maret 2014

wkwkw jossss

Lena Ningsih - 13 Juni 2016

hai bang nama ku dio aku mau tanya sama abang abang semua aku punya masalah dengan mio j ku penyakitnya kaya tekor bensin hidup sebentar tapi mati mati lagi aku mohon sarannya

3. Herixaz Arrouf - 12 Desember 2014

kasusnya sama kayak aqu nih, nih belum kubawa kebengke, apa mungkind ari pagi sampai sore kehujanan itu ya?

chakim92 - 12 Desember 2014

kalau indikator injeksinya berkedip brrti di kelistrikan ada masalah broo

4. yamprut - 9 Juni 2015

itu berlaku hanya Yamaha Mio j,Mio Gt,X ride….makanya yg skrg mio M3 pakai kapasitor…..NVL jg gitu bro…

5. aris - 3 Agustus 2015

aki mio j tekor

Cak Akim - 4 Agustus 2015

Saya 2 th udah 2 kali ganti

6. Mario Le Gemblung - 14 Agustus 2015

penyebab tekor apaan tuh

7. torik - 30 September 2015

saya pengguna mio j yang menggunakan bahan bakar pertamax tapi tetap aja pemakaian 3 ribuan kilometer pasti motor mati sendiri

Cak Akim - 30 September 2015

Mungkin ada kelistrikan yg bermasalah mas.. Itu pas mati solusinya ganti aki atau gmna? Kalau cuma ganti aki langsung nyala mungkin ada kelistrikan yg kurang stabil jadi akinya cepet tekor

8. Ricky wang - 24 Februari 2016

Motor jupiterz1 tak mau hidup,apa masalahny,full pom bagus,injektor bagus

9. malik angkotasan - 7 Maret 2016

Saya pengguna mtor yamaha j ,mau tanya sebab apa sehingga motornya ngga bisa layan aki …tlg d bls

10. Ade - 23 Oktober 2016

ane pernah ngalamin nih, untung banget ada tukang bengkel, akhirnya motor bisa jalan lagi penyebabnya gara – gara gusi
http://otodrift.com/7-konsep-modifkasi-honda-brv-terbaru/

11. Wajar bila motor matik Yamaha macam NMax atau Aerox 155 dijual tanpa starter kaki | Mengupas soal motor - 8 Januari 2017

[…] Yang bisa menyala setelah pakai starter kaki pun motornya jadi mati matian bila aki sudah mulai soak. Motor Injeksi Mogok? Mungkin Ini Penyebabnya, 23 November 2013 […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: